Rabu, 15 April 2015

Ayo Bersih - bersihhh Toren..

Setiap kali kita slalu dipusingkan dengan keadaan air yang tidak terlalu bagus seperti air keruh dan bau. Selain karena faktor air yang kurang bagus, ada juga faktor lain seperti kurang bersihnya tempat penyimpanan air yang biasa disebut dengan Toren. 

Toren yang digunakan untuk menampung air lambat laun pasti akan kotor. Untuk itu kita perlu membersihkannya, untuk menjaga kualitas air itu sendiri. Karena air dengan kualitas buruk atau kotor akan berpengaruh jelek terhadap kesehatan. Biasanya toren dibersihkan sekitar 6bulan sekali, tapi tergantung juga dengan keadaan airnya. Apabila air yang keluar dari toren sudah mulai keruh ada baiknya agar segera membersihkan torennya. Nah, sebelum membersihkan toren ada baiknya disiapkan peralatan yang akan digunakan seperti sikat. Saya sarankan sih sikat tersebut yang menggunakan gagang, supaya lebih mudah dalam menggunakannya. Berikut tips dalam membersihkan toren anda :

1. Buka penutup toren

Buka terlebih dahulu penutup toren, perhatikan sensor air atau mesin otomatisnya jangan sampai tersenggol dan rusak. Biasanya mesin otomatis mempunyai pelampung pengatur volume air di dalam toren.

2. Buang air di dalam toren

Kemudian keluarkan air dalam toren hingga habis melalui saluran pembuangan. Agar nanti bisa masuk kedalam toren, untuk membersihkan bagian dalam toren. Cara ini juga berguna untuk mengeluarkan kotoran yang ada pada air.

Catatan: Saluran pembuangan air yang ada di toren tidak berada di bawah sekali. Jadi air yang ada di dalam toren tidak bisa dibuang seluruhnya melalui saluran pembuangan tersebut.

3. Masuk ke dalam toren

Bila air yang dibuang sudah mulai habis, lalu kita bisa masuk ke dalam toren tersebut.

Catatan: Kita bisa masuk kedalam toren bila berat badan kita tidak terlalu berat (mungkin max 60 kg) dan toren harus terbuat dari plastik. Bila toren dari terbuat dari metal, sebaiknya Anda jangan masuk kedalam toren untuk membersihkan. Untuk menghindari kerusakan bodi toren karena penyok.

Sebelum kita masuk ke dalam toren, kita masukan dahulu alat-alat yang akan digunakan seperti sikat.

4. Menggosok bagian dalam toren
Langkah selanjutnya adalah memulai bersih-bersih toren dengan menggosok toren menggunakan sikat. Gosok seluruh bagian dinding toren yang berlumut hingga bersih. Bilas dengan air, Anda bisa mengambil air dengan cara menarik pelampung mesin otomatis air. Ambil air secukupnya saja, untuk membilas dinding toren yang di gosok
Catatan: Jangan menggunakan sabun atau cairan pembersih, karena akan sulit membilasnya nanti. Jadi lakukan secara alami.

5. Buang air bekas bilasan
Bila  langkah menggosok dirasa cukup, saatnya dilakukan pembuangan air yang tidak dapat dibuang melalui saluran pembuangan toren. langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan gayung. Bila air yang tersisa sudah mulai habis, maka air bersih bisa dinyalakan kembali. Tetapi hal ini hanya untuk membantu pembuangan kotoran yang tersisa. Lakukan terus hingga kotoran yang tersisa terasa cukup habis. Kita bisa menggunakan selang untuk membuang air yang ada di dalam toren dengan cara menyedotnya melalui selang.

8. Isi dengan air

Setelah air kotor terkuras habis dan dirasa toren sudah bersih, saatnya kita mengisi toren dengan air bersih dengan mengembalikan sensor pompa air ke posisi awal dan saluran pembuangan air ditutup.

Demikian tips - tips yang semoga bisa membantu kalian semua dalam membersihkan toren dirumah. Selamat mencoba ...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar