Sabtu, 18 April 2015

Rice Cooker Sehat....

Beberapa dari pilihan Rice Cooker menyajikan kelebihan - kelebihan yang membuat kita agak bingung untuk memilihnya. Salah satu kriteria yang perlu diperhatikan adalah rice cooker yang kita pilih baiknya yang terhindar dari bahan - bahan yang bisa mengeluarkan toxin (racun) untuk tubuh kita. 

Toxin (racun) bisa muncul pada rice cooker yang kita pakai apabila lapisan teflon pada rice cooker mengalami pengelupasan. Nah, pengelupasan itu yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita semua karena pengelupasan itu akan menimbulkan toxin yang bisa masuk kedalam makanan yang ada di rice cooker tersebut. Dari hal itu, saya berusaha untuk menghindari penggunaan wajan/panci anti lengket (non stick coating). Karena beberapa kali saya menggunakan selalu anti lengketnya memudar dan mengelupas.Toxin yang masuk kedalam tubuh bisa menimbulkan penyakit terutama kanker.

Bahan anti lengket yang digunakan sekarang ini beragam,  ada teflon, marble, diamond, keramik dan titanium.  Saya belum coba semuanya tapi saya ragu apa yang lainnya akan bernasib sama dengan sudah saya pakai. Demi menjaga kesehatan Saya sekarang akan lebih hati-hati menggunakan alat masak yang sering digunakan terutama rice cooker karena alat ini kita pakai setiap hari. Beberapa kali saya mengganti rice cooker selalu berakhir dengan lapisan pancinya yang mengelupas, akhirnya nasi menjadi lengket dan susah dibersihkan. Ada juga yang tidak mengelupas tapi anti lengketnya lama-kelamaan memudar dan akhirnya lengket juga. Selama anti lengket berupa lapisan maka kemungkinan mengelupas atau luntur mungkin terjadi tegantung tingkat kekuatan lapisan.

Kerak nasi kuat menempel apalagi beras merah, secara alami kerak nasi bisa lunak dengan air panas.  Setelah disiram air panas kerak nasi mudah di bersihkan dengan langsung menggosoknya, bila kerak agak tebal rendam sebentar saja dengan air panas sambil panci diputar2 sehingga semua kerak yang ada di dinding panci terkena/terendam air panas sebentar, 1 liter air panas sudah cukup.

Oleh sebab itu panci rice cooker lebih baik terbuat dari logam yang kuat tanpa lapisan bisa stainless steel atau logam lain yang keras. Dari segala pilihan yang ada dipasaran saya pilih rice cooker yang inner potnya (pancinya) terbuat dari stainless steel, memang sekarang  belum banyak rice cooker yang begini.  Alat masak yang terbuat dari stainless steel relatif mudah dibersihkan sehingga panci stainless tidak perlu lagi dilapisi macam-macam yang bisa tidak aman untuk kesehatan. Sebenarnya mencuci panci rice cooker dengan panci stainless steel tidak sulit. Dibanding dengan panci rice cooker  anti lengket yang akhirnya lengket, panci stainless steel  lebih mudah dicuci. Caranya pada waktu mencuci, siram panci yang berkerak dengan air panas, kerak nasi akan menjadi lunak,  kemudian gosok dengan tapas yang menggunakan sabun tidak lama panci akan bersih dan licin kembali.

Ayo, lebih diperhatikan lagi ya... Kesehatan lebih penting ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar